Pasar Beringharjo

(S) 7°47'55.76", (E) 110°21'55.71" / (S) -7.79882, (E) 110.36547
Cari Jalur Menuju Pasar Beringharjo :
Dari *)cth : Malioboro

Pasar Beringharjo


Jl. Malioboro

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional terbesar di Jogja, merupakan pusat perekonomian Jogja sejak 200an tahun lebih.
Menurut bebagai sumber nama Beringharjo berasal dari kata beringin karena asalnya tempat pasar beringharjo ini adalah hutan beringin. Sedangkan harjo sendiri bisa diartikan sebagai kesejahteraan, dengan harapan bahwa pasar ini bisa memberikan kesejahteraan bagi warganya. Didirikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwana I, merupakan salah satu catur tunggal tata pola sebuah kota kerajaan yaitu keraton, alun-alun, pasar dan masjid.

Letaknya yg di kawasan Malioboro , tepatnya di sebelah utara benteng Vredeburg , membuatnya mudah dikenal dan diingat banyak pelancong yg datang ke Jogja, utuk orang yang pernah ke Malioboro tinggi kemungkinan mengerti pasar ini.
Jika berkunjung pagi hari, anda bisa menikmati sarapan nasi pecel di depan pasar, dengan sayuran lengkap, seperti bayam, daun pepaya, bunga turi, dan pecel jogja biasanya dipadu dengan mie kuning. Sebenarnya pecel di sini ada sampai malam dengan pedagang berbeda, kalau anda lebih suka merasakan sensasi makan di tengah keramaian lalu lalang orang belanja,.. anda bisa berkunjung siang hari atau sore.
Selain pecel di depan banyak penjual buah, termasuk salak pondoh. Di malam hari di depan pasar anda bisa belanja jajanan pasar seperti kelepon dan yg lainnya.

Memasuki pasar anda langsung disambut dengan blok penjual batik, di sini dijual kain batik dari berbagai jenis bahan dan kwalitas. Selain kain juga dijual batik yang sudah berbentuk pakain dengan banyak jenis dan model. Koleksi batik di sini sangat lengkap, karena memang di sinilah pusat belanja batik Jogja.
Sebagaimana umumnya di pasar tradisional, harga bisa ditawar, jangan ragu menawar untuk mendapat harga terbaik anda.

Semakin ke dalam, anda akan menemukan blok penjual rempah - rempah untuk bumbu masakan maupun bahan dasar jamu tradisional.

Di lantai atas sebelah dalam pasar, terdapat blok para pedagang barang antik. Untuk anda yang mencari barang barang kerajinan, seperti tas dari anyaman serat alam dan akar wangi, atau kerajinan dari bambu, atau banyak jenis kerajinan lain, anda bisa mencarinya di lantai tiga di sisi pasar paling belakang. Di sini barang dijual eceran juga dalam bentuk grosir.

Di musim - musim liburan pasar ini penuh sesak oleh pengunjung. Jika anda datang di musim liburan, demi menjaga keselamatan dan kenyamanan belanja, siapkan fisik dan pergunakan pakaian yang nyaman untuk berjalan - jalan di kondisi keramaian.
Pasar Beringharjo ini buka antara jam 09:00 - 17:00 wib.

dislike : 0 orang
dilihat : 1042 kali
Hotel Terdekat dengan Pasar Beringharjo < 1 Km.
Kuliner Terdekat dengan Pasar Beringharjo < 1 Km.
Obyek Wisata Terdekat dengan Pasar Beringharjo < 1 Km.
Kategori Lain di Jogjakarta