Desa Wisata Kampoeng Sedjarah Kelor

(S) 7°38'33", (E) 110°21'42.7" / (S) -7.6425, (E) 110.36186
Cari Jalur Menuju Desa Wisata Kampoeng Sedjarah Kelor :
Dari *)cth : Malioboro

Desa Wisata Kampoeng Sedjarah Kelor


Dusun Kelor, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman

Desa Wisata Kelor, merupakan sebuah dusun dengan nuansa kampung yang masi asri, berada di ketinggian ±700 meter DPL. Cuaca pedesaan yang sejuk, air sungai yang jernih, kebun salak dan kolam-kolam ikan milik penduduk, merupakan tempat yang tepat untuk melepas penat rutinitas kota.

Memetik langsung salak pondoh dari kebun adalah daya tarik utama desa wisata ini, selain tentunya beberpa alternatif kegiatan lain seperti camping, ataupun kegiatan outbound. Kegiatan wisata outbound/penjelajahan di kampung ini cukup menarik, yaitu menelusuri sungai Bedhog. Sungai Bedhog adalah sebuah sungai yang melintasi areal pedesaan ini, wisatawan juga dapat mandi di mata air Belik Cuwo yang sampai saat ini masih dimanfaatkan sebagian masyarakat.
Sensasi kesegaran air dari mata air Belik Cuwo, merupakan pengalaman unik menikmati suasana kampung yang masih alami, salah satu yang wajib Anda rasakan.
Menjelang pertunjukan kesenian jathilan, mata air ini juga digunakan untuk melakukan ritual pemandian kuda lumping.

Dengan selogan kampung sejarah, Kelor memiliki sebuah Joglo (bangunan rumah adat jawa), bangunan ini dibangun pada tahun 1835 dengan arsitektur yang kaya akan filosofi  nilai-nilai budaya jawa.
Joglo yang awalnya dibangun sebagai tempat musayawarah warga, mempunyai nilai sejarah dalam proses perjuangan bangsa, cerita sejarah dibalik bangunan Joglo di kampung ini juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri berwisata di desa wisata Kelor ini.
Selain homestay sebagai sarana menginap wisatawan juga bisa memanfaatkan bangunan Joglo yang tentunya menawarkan suasana lebih kaya akan pengalaman budaya.

Didukung pula desa ini menawarkan aneka ragam kesenian seperti jatilan, jathilan (kuda lumping), gamelan, kethoprak, tari tradisional Yogyakarta dan sholawatan klenthingan, ditambah beberapa tradisi yang masih dipakai di dalam kehidupan keseharian.

Desa Wisata Kelor memiliki lapangan yang luas sebagai Camping Ground, dengan fasilitas tambahan seperti aula bambu sebagai tempat pertemuan, areal permainan Flying Fox, serta kolam ikan untuk permainan di air ataupun lomba menangkap ikan.

Dilihat dari daya tarik dan fasilitas yang ditawarkan Desa Wisata Kelor ini, lebih cocok dikunjungi secara beramai-ramai, kelompok, sekolah atau lembaga lain.

Kampung Sejarah Kelor berada sekitar 25Km arah utara kota Jogjakarta, dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar 30 menit.

dislike : 1 orang
dilihat : 794 kali
Obyek Wisata Sejenis dengan Desa Wisata Kampoeng Sedjarah Kelor
Kategori Lain di Jogjakarta